Kearifan Sang Da’i |
Kenapa para wali songo berhasil mengislamkan penduduk nusantara ?. Semua orang tentu menjawab karena kearifan beliau-beliau dalam menyampaikan dakwahnya. Bicara kearifan dalam berdakwah tentunya sangat luas cakupannya. Tulisan ini mungkin tidak cukup memadai untuk “nggedabrus” panjang lebar menjelaskan teori-teorinya. Mungkin hanya menyampaikan segelintir pembahasannya saja.
Pondasi dasarnya tentu dengan al-hikmah, al-mau’izhah al-Hasanah dan Mujadalah billati hiya ahsan. Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan adalah berdakwah tidak justru menimbulkan dampak negatif yang lebih buruk. Prinsip ini menunjukan bahwa dalam beramar makruf nahi munkar jangan terlalu agresif. Kalau dalam istilah sepak bola ada saatnya kapan harus menyerang dan kapan harus bertahan.
Misalkan masyarakat gemar mabuk-mabukan. Namun dengan mabuknya tersebut mereka cukup dapat terkondisikan untuk tidak mencuri, menggoda wanita, mengamuk dan perbuatan onar lainnya. Jika minuman keras itu langsung dilarang, kejahatan mereka justru semakin parah dengan melakukan beberapa tindak kemaksiatan tadi. Nah, salah satu bentuk kearifan sang pendakwah adalah dengan membiarkan mereka mabuk-mabukan. Upaya penyembuhan mungkin bisa dilakukan dengan bertahap atau mungkin dengan mengajak mereka melakukan kegiatan positif, misalkan istighotsah, tahlilan, manaqiban, maulidan dan lain sebagainya.
Suatu ketika Ibnu Taimiyyah beserta para muridnya melewati sekelompok pemabuk. Sontak, murid-muridnya bermaksud untuk menindak perbuatan munkar tersebut. Ibnu Taimiyyah justru tidak setuju dengan langkah “panik” murid-muridnya itu. Beliau menyuruh para muridnya untuk membiarkan mereka menikmati khamrnya. Ibnu Taimiyyah berfikir jika para pemabuk itu dilarang meminum khamr, mereka justru akan membunuh, mencuri dan lain sebagainya. Ibnu Taimiyyah mengatakan :
إِنَّمَا حَرَّمَ اللهُ الْخَمْرَ لِأَنَّهَا تَصُدُّ عَنْ ذِكْرِ اللِه وَعَنِ الصَّلَاةِ وَهَؤُلَاءِ تَصُدُّهُمُ الْخَمْرُ عَنْ قَتْلِ النُّفُوْسِ وَسَبْيِ الذُّرِّيَّةِ وَأَخْذِ الْأَمْوَالِ فَدَعُوْهُمْ وَخَمْرَهُمْ
“ Allah mengharamkan khamr karena khamr dapat mencegah berdzikir dan shalat. Sementara mereka ini justru khamr dapat mencegahnya melakukan aksi pembunuhan, menculik wanita dan merampas harta. Maka biarkan mereka dengan khamrnya”.
التشريع الجنائي في الإسلام - (ج 2 / ص 49)
أما إذا علم أن إزالة المنكر ستؤدي إلى ما هو شر منه فقد سقط عنه الواجب، بل حرم عليه النهي، ومن الأمثلة على ذلك أن يجد مع شخص شراباً حلالاً نجس بسبب وقوع نجاسة فيه ويعلم أنه لو أراقه لشرب صاحبه الخمر فلا معنى لإراقته، ومثل ذلك ما حدث من ابن تيمية، فقد مر وبعض أصحابه في زمن التتار بقوم منهم يشربون الخمر، فأنكر عليهم أصحاب ابن تيمية شرب الخمر ولكن ابن تيمية أنكر على أصحابه قولهم، وقال لهم: إنما حرم الله الخمر لأنها تصد عن ذكر الله وعن الصلاة، وهؤلاء تصدهم الخمر عن قتل النفوس وسبي الذرية وأخذ الأموال، فدعوهم وخمرهم
إعلام الموقعين - (ج 3 / ص 5(
فإذا رأيت أهل الفجور والفسوق يلعبون بالشطرنج كان إنكارك عليهم من عدم الفقه والبصيرة إلا إذا نقلتهم منه إلى ما هو أحب إلى الله ورسوله كرمي النشاب وسباق الخيل ونحو ذلك وإذا رأيت الفساق قد اجتمعوا على لهو ولعب أو سماع مكاء وتصدية فإن نقلتهم عنه إلى طاعة الله فهو المراد وإلا كان تركهم على ذلك خيرا من أن تفرغهم لما هو أعظم من ذلك فكان ما هم فيه شاغلا لهم عن ذلك وكما إذا كان الرجل مشتغلا بكتب المجون ونحوها وخفت من نقله عنها انتقاله إلى كتب البدع والضلال والسحر فدعه وكتبه الأولى وهذا باب واسع وسمعت شيخ الإسلام ابن تيمية قدس الله روحه ونور ضريحه يقول مررت أنا وبعض أصحابي في زمن التتار بقوم منهم يشربون الخمر فأنكر عليهم من كان معي فأنكرت عليه وقلت له إنما حرم الله الخمر لأنها تصد عن ذكر الله وعن الصلاة وهؤلاء يصدهم الخمر عن قتل النفوس وسبئ الذرية وأخذ الأموال فدعهم
أما إذا علم أن إزالة المنكر ستؤدي إلى ما هو شر منه فقد سقط عنه الواجب، بل حرم عليه النهي، ومن الأمثلة على ذلك أن يجد مع شخص شراباً حلالاً نجس بسبب وقوع نجاسة فيه ويعلم أنه لو أراقه لشرب صاحبه الخمر فلا معنى لإراقته، ومثل ذلك ما حدث من ابن تيمية، فقد مر وبعض أصحابه في زمن التتار بقوم منهم يشربون الخمر، فأنكر عليهم أصحاب ابن تيمية شرب الخمر ولكن ابن تيمية أنكر على أصحابه قولهم، وقال لهم: إنما حرم الله الخمر لأنها تصد عن ذكر الله وعن الصلاة، وهؤلاء تصدهم الخمر عن قتل النفوس وسبي الذرية وأخذ الأموال، فدعوهم وخمرهم
إعلام الموقعين - (ج 3 / ص 5(
فإذا رأيت أهل الفجور والفسوق يلعبون بالشطرنج كان إنكارك عليهم من عدم الفقه والبصيرة إلا إذا نقلتهم منه إلى ما هو أحب إلى الله ورسوله كرمي النشاب وسباق الخيل ونحو ذلك وإذا رأيت الفساق قد اجتمعوا على لهو ولعب أو سماع مكاء وتصدية فإن نقلتهم عنه إلى طاعة الله فهو المراد وإلا كان تركهم على ذلك خيرا من أن تفرغهم لما هو أعظم من ذلك فكان ما هم فيه شاغلا لهم عن ذلك وكما إذا كان الرجل مشتغلا بكتب المجون ونحوها وخفت من نقله عنها انتقاله إلى كتب البدع والضلال والسحر فدعه وكتبه الأولى وهذا باب واسع وسمعت شيخ الإسلام ابن تيمية قدس الله روحه ونور ضريحه يقول مررت أنا وبعض أصحابي في زمن التتار بقوم منهم يشربون الخمر فأنكر عليهم من كان معي فأنكرت عليه وقلت له إنما حرم الله الخمر لأنها تصد عن ذكر الله وعن الصلاة وهؤلاء يصدهم الخمر عن قتل النفوس وسبئ الذرية وأخذ الأموال فدعهم
0 Response to "Kearifan Sang Da’i"
Post a Comment